BolPoint.wordpress.com

June 14, 2011

Kloning Harddisk di Ubuntu 10

Filed under: Linux — bolpoint @ 12:48 pm

 

Beberapa waktu yang lalu aku mau kloning harddisk yang berisi Server Repo Ubuntu 10.04. Awalnya coba googling dan cari software-software kloning. Berhasil menemukan HDClone dan DiskCopy, namun setelah dicoba ternyata GAGAL TOTAL. Padahal aku udah nunggu lama proses pengkloningan menggunakan HDClone. Setelah ditunggu 5 Jam……yaaaa….ternyata tidak berhasil….padahal proses kloningnya meyakinkan lho, tidak ada warning error apapun.

 

Beberapa hari berikutnya aku mencoba menggunakan Norton Ghost, ternyata gagal juga. Ada warning bahwa drive tidak unomunt secara sempurna. Aku coba unoumnt di ubuntu-nya masih tetap sama. Pikirku walah ini paling2 alasan Norton Ghost yang tidak mampu mengkloning Server Repo Ubuntu 10.04.

Setelah mencoba berbagai macam cara dengan berbagai macam software seperti Norton Ghost, HDClone, DiskCopy, yang semuanya gagal, aku googling lagi dan menemukan sebuah postingan berbahasa Inggris di situs http://www.linux.com yang berjudul Clone your Ubuntu installation onto a new hard disk yang ditulis oleh Keir Thomas, aku coba……dan…..BERHASIIILLLL…..ALHAMDULILLAH…ucapan terima kasih untuk Mr. Keir Thomas.

Pengkloningan ini menggunakan software ddrescue yang berjalan di ubuntu. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Awalnya aku hapus semua partisi di harddisk tujuan
  • Install dulu ddrescue dengan mengetikkan perintah sudo apt-get install gddrescue
  • Kemudian check harddisk dengan mengetikkan perintah di terminal sudo fdisk -l
  • Hasil dari perintah di atas akan tampil ada dua harddisk yaitu /dev/sda (harddisk pertama yang jadi sumber atau source) dan /dev/sdb (harddisk kedua yang jadi tujuan atau destination dalam hal ini harddisk kedua ini masih kosong)
  • Mulai proses pengkloningan dengan mengetikkan perintah sudo ddrescue -v /dev/sda /dev/sdb
  • Terlihat progress pengkloningan….tunggu sampai selesai…membutuhkan waktu satu jam atau lebih tergantung isi harddisk yang dikloning dan juga prosesor yang digunakan
  • Jika sudah selesai…shutdown komputer, lepas harddisk sumber dan booting dari harddisk hasil kloningan untuk memastikan bahwa proses mengklong domba dolly harddisk sudah berhasil…hehehe…jadi ingat waktu ada kloning domba neehh….prikitiew…..sleketheb….

Jika sudah selesai dan berhasil mendapatkan harddisk yang isinya sama, matikan komputer untuk menghemat listrik, nyalakan TV dan lihat pertandingan sepakbola piala dunia antara Jerman melawan Serbia…pastikan Jerman menang 5-0….Kalau punya uang receh bisa dikasihkan ke Prancis buat uang saku yang mungkin sudah berkemas-kemas meninggalkan Afsel…..wkwkwkwk…..Piss….

Selain berterima kasih kepada Mr. Keir Thomas, saya juga berterima kasih kepada Pak Agus, Cece Maureen dan juga Arie yang telah banyak membantu selama ini. Semoga kalian semua tercapai apa yang dicita-citakan. Amien.

Buat Pak Agus, semoga Indonesia bisa masuk piala dunia entah tahun 2014, 2018, 2022, 2026, 2030, atau kapan pun lah yang penting bisa masuk tipi…hehehe….

sumber: http://sasukesuyono.blogspot.com/2010/06/kloning-harddisk-di-ubuntu-10.html

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: